Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Kamis, 18 Juli 2013

Komunitas Kupang

Kehadiran para bruder CSA di Kupang tak lepas dari peran besar Bapak Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang Pr. Beliau selain memberi ijin tinggal, juga memberi lahan karya dengan sarana dan fasilitas yang dibutuhkannya. Lahan karya itu berupa bengkel milik keuskupan dan pendidikan formal, di mana para bruder dilibatkan sebagai pendidik di SMAK Giovanni. Sejak 12 Oktober 2002, para bruder menempati bekas kantor dan gudang Delsos Keuskupan Agung Kupang di wilayah paroki Oeleta, ketika terjadi gelombang pengungsian masyarakat Timor-Timur pro integrasi.
Komunitas ini terus berbenah diri dengan menambah beberapa ruang sederhana untuk kamar tidur dan ruang doa. Tanggal 20 Oktober 2002, dilangsungkan pemberkatan rumah dalam perayaan Ekaristi dan sekaligus penerimaan oleh Dewan Paroki setempat atas kehadiran para bruder.
Hari-hari selanjutnya para bruder disibukkan oleh tugas perutusan masing-masing, baik yang mengajar di SMA Giovanni maupun yang berkarya di bengkel kayu keuskupan. Hadir sebagai mitra keuskupan, tentunya para bruder membutuhan proses untuk mengenal kharakter dan menjalin kerjasama yang lebih baik dengan pihak keuskupan. Ada banyak kesulitan dan tantangan, namun juga menyiratkan peluang dan harapan untuk bisa lebih dalam terlibat dalam karya Gereja setempat, dan mewartakan kabar gembira bagi sesama di ibukota propinsi NTT ini.
Sebagai komunitas religius yang hadir di tengah-tengah umat, para bruder sebisa mungkin juga melibatkan diri dalam kegiatan gerejani di paroki St. Gregorius Agung Oeleta.
Anggota komunitas CSA Kupang saat ini (2013-2014), yakni : Br. Yohanes, Br. Konstan, Br. Dion, Br. Boni, Br. Christian.

0 komentar:

Posting Komentar